Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 6 (2024)

PjBL Berbasis Diorama dan Pop-Up Book: Upaya Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar

Kediri, Shafira Ratu Sekartaji Putri (Unknown)
Elliza, Elliza (Unknown)
Widodo, Susilo Tri (Unknown)
Nuraeni, Rina (Unknown)
Fitriyanti, Fitriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi media pop-up book dibandingkan dengan diorama dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Candimulyo melalui model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi kedua media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pop-up book lebih unggul dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, karena desain visual tiga dimensi yang interaktif mampu menarik perhatian dan mendorong keterlibatan aktif siswa. Meskipun diorama juga memberikan kontribusi positif dalam memahami materi secara konkret, media ini lebih terbatas dalam hal daya tarik visual dan interaktivitas. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan media pembelajaran yang lebih menarik dan efektif di sekolah dasar, serta memberikan wawasan bagi pendidik dalam memilih media yang tepat untuk mendukung pembelajaran berbasis proyek.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...