JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Vol 10, No 1 (2024)

Profil Kecemasan Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender

Apriliani, Leni (Unknown)
Mulyani, Eva (Unknown)
Yulianto, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan profil kecemasan matematis ditinjau dari gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Tempat penelitian ini yaitu SMP Negeri 3 Salawu. Subjek penelitan ini adalah siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP Negeri 3 Salawu yang terpilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner kecemasan matematis, kuesioner terbuka, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan secara umum kecemasan matematika mahasiswa teridentifikasi pada kategori cenderung tidak merasa cemas. Terdapat 47 siswa memiliki kategori cenderung merasa cemas dengan persentase sebesar 35%  dan 86 siswa memiliki kategori cenderung tidak merasa cemas dengan persentase sebesar 65%. Kecemasan matematis siswa teridentifikasi pada level paling tinggi pada indikator cognitive, sedangkan pada indikator mathematics knowledge teridentifikasi pada level paling rendah. Lebih lanjut, profil kecemasan matematis kelas 7 pada siswa laki-laki maupun siswa perempuan yaitu cenderung tidak merasa cemas terhadap matematika. Profil kecemasan matematis kelas 8 pada siswa laki-laki maupun siswa perempuan yaitu cenderung merasa cemas terhadap matematika. Profil kecemasan matematis kelas 9 pada siswa laki-laki yaitu cenderung merasa cemas terhadap matematika sedangkan siswa perempuan cenderung tidak merasa cemas terhadap matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp3m

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Pendidikan Matematika), dengan ISSN 2460-8599 (print) dan ISSN 2581-2807 (online), adalah jurnal peer-review yang dipublikasikan dua kali setahun (April-September, dan Oktober-Maret) oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan ...