JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Vol 10, No 2 (2024)

Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Interaktif Doratoon Pada Pembelajaran Matematika Kelas X MA Al-Masyhur Kota Pasuruan

Pramita, Andalusia (Unknown)
Rayungsari, Maya (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran matematika dengan menggunakan media interaktif Doratoon di kelas X SMA Al-Masyhur Kota Pasuruan. Subyek penelitian terdiri dari 11 peserta didik kelas X tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mengikuti pendekatan model Miles and Huberman. Temuan dari penelitian ini mencakup beberapa hal: (1) kompleksitas matematika sebagai subjek yang seringkali sulit dipahami karena sifatnya yang abstrak, (2) kebutuhan peserta didik akan media pembelajaran yang dikembangkan secara khusus agar lebih menarik dan inovatif dalam konteks pembelajaran matematika, dan (3) penggunaan media interaktif berbasis Doratoon sebagai solusi yang potensial untuk pengembangan media pembelajaran matematika di kelas X MA Al-Masyhur Kota Pasuruan. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media interaktif berbasis Doratoon sangat diperlukan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika selama proses pembelajaran di kelas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp3m

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Pendidikan Matematika), dengan ISSN 2460-8599 (print) dan ISSN 2581-2807 (online), adalah jurnal peer-review yang dipublikasikan dua kali setahun (April-September, dan Oktober-Maret) oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan ...