Journal Liaison Academia and Society
Vol 4, No 4: Desember 2024

Pelatihan Program Volunteer Teaching untuk Mengatasi Tantangan Kesulitan Belajar Anak

Tarigan, Fatin Nadifa (Unknown)
Fauzi, Fikriyah Iftinan (Unknown)
Sari, Fatnida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2025

Abstract

Pelatihan Volunteer Teaching dirancang untuk membekali relawan dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam membantu anak-anak dengan kesulitan belajar. Program ini melibatkan 20 peserta dari berbagai latar belakang. Materi pelatihan mencakup pengenalan jenis kesulitan belajar, teknik pengajaran inklusif, dan komunikasi empatik. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta sebesar 35% berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner. Sebagian besar peserta (85%) mampu menerapkan teknik pengajaran inklusif dalam simulasi praktik, sementara 80% menunjukkan peningkatan keterampilan komunikasi. Umpan balik peserta mengindikasikan bahwa pelatihan ini relevan dan bermanfaat, meskipun durasi yang terbatas menjadi kendala dalam pendalaman materi. Untuk keberlanjutan program, disarankan adanya pengembangan modul tambahan  dan kolaborasi dengan lembaga pendidikan. Secara keseluruhan, pelatihan ini membuktikan bahwa workshop berbasis praktik efektif untuk meningkatkan kompetensi relawan dalam mendukung pendidikan inklusif.

Copyrights © 2024