Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Vol 10 No 2 (2025): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara

The Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi di SDN Kasembon 3 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang

Dewi, Radeni Sukma Indra (Unknown)
Widiyanti, Widiyanti (Unknown)
Chisbiyah, Lismi Animatul (Unknown)
Ekawati, Ratna (Unknown)
Randy, Mohammad Yusuf (Unknown)
Fatiha, Dilla Alfi (Unknown)
Pramesti, Fikha Anggraini Asih (Unknown)
Rosyada, Nurrizka Arina (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Keterampilan matematika siswa sekolah dasar di Indonesia masih relatif di bawah tingkat yang diharapkan, khususnya pada materi pelajaran yang berhubungan dengan bilangan bulat. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran literasi numerasi berbasis Articulate Storyline sebagai solusi pemecahan masalah pada materi bilangan bulat yang dapat dianggap valid menurut ahli media dan materi serta praktis menurut pengguna. Penelitian ini mengaplikasikan model ADDIE yang meliputi lima tahapan sebagai berikut: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SDN 1 Kasembon dan SDN 3 Kasembon. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil uji validasi media literasi numerasi berbasis Articulate Storyline yang dilakukan oleh ahli dan pengguna menunjukkan bahwa rata-rata hasil keseluruhan dinilai sangat valid dan sangat praktis, memotivasi guru dan siswa, serta layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never ...