Aurelia: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 4, No 1 (2025): January 2025

Optimizing Active Learning Using Group Discussion Methods to Increase Student Participation in Civics Learning in Class IX of SMP Negeri 1 Palu

Kobi, Inggrit Anggriani (Unknown)
Amus, Sunarto (Unknown)
Purwaningsih, Cici (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui metode diskusi kelompok. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 1 Palu dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui lembar observasi, catatan lapangan, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok berhasil meningkatkan partisipasi siswa dari 37,5% pada siklus I menjadi 90,6% pada siklus II. Selain itu, motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, yang berdampak positif terhadap hasil belajar mereka. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 72,3 pada siklus I menjadi 85,4 pada siklus II. Beberapa kendala, seperti dominasi siswa tertentu dan kurangnya keterampilan komunikasi pada beberapa siswa, dapat diatasi melalui pembagian peran yang jelas dan pendampingan aktif oleh guru. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aurelia

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia is published twice a year: January and July. E-ISSN: 2964-2493 (Elektronik) P-ISSN: 2962-0430 (Cetak) Editor In Chief: T. Heru Nurgiansah, S.Pd., M.Pd DOI: 10.57235 Publisher: CV. Rayyan Dwi Bharata Receive articles from research and ...