Journal of Progressive Innovation Library Service (JPILS)
Vol. 4, No. 2 (2024): Oktober

PELATIHAN CHATGPT UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA-SISWI DI SMAN 8 JAKARTA

Prakoso, Ario Adi (Unknown)
Kangko, Danang Dwijo (Unknown)
Suherlan, Elan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin cepat dapat membawa dampak buruk bagi masyarakat. Salah satu dampak negatif tersebut adalah munculnya informasi hoaks. Kemudahan akses informasi melalui internet membuat masyarakat kurang memperhatikan kebenaran informasi yang mereka terima, sehingga mereka tidak menyaring informasi tersebut sebelum menggunakannya. Apalagi saat ini sudah banyak bermunculan tools AI seperti ChatGPT. Solusi yang diberikan yaitu dengan memberikan pelatihan ChatGPT. Adanya pelatihan ini diharapkan para siswa mampu menggunakan Chat GPT untuk tindakan yang positif, karena masih banyak orang yang memanfaatkan ChatGPT untuk menciptakan suatu karya yang cepat tetapi tidak akurat. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan bekal keterampilan bagi para siswa dalam kurangnya pengetahuan tentang cara akses informasi secara cepatĀ  tepat dan akurat dan kekurangan sumber referensi yang relevan. Adapun hasilĀ  dari ChatGPT menyatakan nilai posttest lebih tinggi dari pretest. Maka dapat dikatakan kemampuan ChatGPT pada peserta mengalami peningkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPILS

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Focus and Scope: Manajemen Perpustakaan; Etika Profesi Pustakawan; Layanan Perpustakaan; Teknologi Informasi Perpustakaan; Perpustakaan dan Media Sosial; Big Data dan Data Analytics; Manajemen Koleksi Perpustakaan dan Arsip; Open Access, Open Data dan Data Management; Literasi Informasi; Preservasi ...