Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 2 (2024): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Kurikulum Merdeka Dalam Persfektif Filsafat Pendidikan Esensialisme

Rodiyah, Hadiatul (Unknown)
Amin, M. Syahruddin (Unknown)
Marhaeni, Marhaeni (Unknown)
Nisa, Saufiatun (Unknown)
Aulia, Tasya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang diberlakukan dalam sisem pendidikan Indonesia untuk mengatasi learning loss akibat wabah pandemi Covid-19, dan mengejar ketertinggalan pendidikan Indonesia dari negara lain. Filsafat pendidikan esensialisme memberikan bingkai bahwa pendidikan hakikatnya adalah proses memanusiakan manusia sesuai dengan esensiya dan esensi keberadaannya sebagai manusia melalui pelestarian dan pengajaran nilai-nilai kebaikan lama yang jelas, ajeg, dan terbukti pada generasi saat ini dan masa depan. Studi ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan (library reseach). Materi esensial yang diajarkan dalam kurikulum merdeka sejalan dengan pemikiran dalam filsafat esensialisme yaitu membacam, menulis, berhitung, dan berbicara/berkomunikasi. Namun demikian konsep merdeka belajar yang diberikan kepada siswa menurut pandangan filsafat esensialisme tidak terlalu tepat karena siswa adalah individu yang belum matang secara psikologi (IQ/EQ/SQ), yang harus dibantu untuk menemukan potensi dirinya, mengetahui yang diinginkan, dibutuhkan dan bermanfaat untuk kebaikannya dimasa depan.

Copyrights © 2024