Satu dampak perkembangan teknologi digital adalah bergesernya sumber-sumber informasi termasuk salah satunya dalam pencarian rujukan wisata. Tren digitialisasi menunjukkan tumbuhnya akun media sosial influencer wisata terutama di wilayah-wilayah lokal yang mulai menjadi rujukan bagi para wisatawan dalam mencari informasi. Penelitian ini mencoba melihat penelitian ini mencoba untuk mengetahui perilaku masyarakat dalam pencarian informasi pariwisata terutama dalam penggunaan media sosial. Penelitian ini akan berfokus pada masyarakat di Kawasan Jawa Timur dalam mencari informasi wisata Tulungagung. Pemilihan wilayah ini didasarkan perkembangannya yang cukup signifikan dalam pengembangan pariwisata. Metode yang digunakan ialah survey dengan pendekatan campuran (mix-methode), yaitu gabungan antara dua bentuk pendekatan dalam sebuah penelitian diantaranya kuantitatif dan kulitatif. Hasil dari penelitian ini terdapat tiga poin utama yang apertama, media sosial kini telah menjadi sumber utama mencari informasi wisata Kedua satu konten bisa dijadikan rujukan karena kualitas visual yang ditampilkan dapat menarik minat penonton untuk berwisata. Terakhir adalah mengenai ekspektasi masyarakat dalam mendapatkan informasi wisata yakni deskripsi wisata.
Copyrights © 2024