Pada abad 21 perangkat ajar perlu terintegrasi dengan perkembangan teknologi. Perangkat ajar fisika didalamnya perlu mengandung unsur pendekatan scientific berbasis teknologi. Salah satu yang perlu diperhatikan dan dikembangkan adalah modul praktikum. Penggunaan modul praktikum yang tepat dan mengandung unsur teknologi di dalamnya akan menciptakan suasana yang yang menyenangkan sehingga menambah minat peserta didik dalam bereksperimen. Salah satu perangkat ajar yang dibutuhkan berupa pengembangan modul pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul berbantuan phyphox untuk menentukan nilai konstanta pegas dengan metode statis, dinamis, dan berbantuan phyphox. Teori yang digunakan dalam pengembangan modul adalah analyze, design, develop, implement, dan evaluate yang disingkat ADDIE. Modul divalidasi oleh 3 validator dengan uji terbatas pada 12 mahasiswa. Hasil yang didapat dari validator tentang isi materi, media, maupun dari responden dengan kriteria layak. Semakin besar pemuluran pada pegas, maka nilai k yang di dapatkan akan semakin kecil. Hal ini menunjukkan bahwa nilai k berbanding terbalik dengan besar kecilnya simpangan atau pertambahan panjang pada pegas (Δx).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024