Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025

Strategi Komunikasi Efektif Guru Bimbingan Konseling dalam Menghadapi Tantangan Psikososial Siswa

Yuris, Evicenna (Unknown)
Indo Mora Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi efektif yang diterapkan oleh guru bimbingan konseling dalam menghadapi tantangan psikososial siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan konseling menggunakan tiga strategi utama. Pertama, strategi mendengarkan aktif menciptakan suasana yang nyaman dan mendukung siswa untuk berbagi masalah secara terbuka. Kedua, komunikasi empatik memperkuat rasa saling percaya melalui validasi emosi siswa tanpa penilaian. Ketiga, teknik pertanyaan terbuka mendorong eksplorasi masalah secara mendalam dan membantu siswa menemukan solusi reflektif. Temuan ini menunjukkan dampak positif strategi komunikasi terhadap peningkatan kesejahteraan psikososial siswa, termasuk pengurangan stres, kecemasan, dan konflik interpersonal. Penelitian ini menegaskan pentingnya komunikasi dalam mendukung perkembangan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...