Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025

Dinamika Pendidikan Indonesia dan Turki: Studi Komparatif

Nursyahbani Chusnul Novita (Unknown)
Ayu Sofya (Unknown)
Saipul Annur (Unknown)
Afriantoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini membandingkan sistem pendidikan di Indonesia dan Turki dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta teknik studi komparatif. Sistem pendidikan Indonesia didasarkan pada nilai-nilai Pancasila yang mengintegrasikan aspek agama dan modernitas, sementara Turki berlandaskan prinsip Kemalisme dengan orientasi sekularisme. Perbedaan latar belakang sejarah dan ideologi mempengaruhi struktur, kurikulum, dan pendekatan pendidikan di kedua negara. Indonesia menghadapi tantangan berupa kesenjangan akses pendidikan di wilayah terpencil dan keulaitas tenaga pengajara yang beragam. Turki menitikberatkan pada modernisasi pendidikan dengan penekanan pada sains dan teknologi. Melalui perbandingan ini, kedua negara memiliki peluang untuk saling belajar dan berbagi praktik terbaik guna menciptakan kebijakan pendidikan yang inklusif, adaptif dan berkelanjutan. Pendidikan bisa menjadi katalis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di era globalisasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...