Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025

Korelasi Profesionalisme dan Kepemimpinan Guru Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa

Nuriyani (Unknown)
Kharis Sulaiman Hasri (Unknown)
Agra Dwi Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji korelasi antara kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler, profesionalisme guru, dan hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha. Menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan angket dari 15 guru kelas pembina ekstrakurikuler. Analisis data menggunakan korelasi multivariet product moment. Hasil menunjukkan hubungan positif antara kepemimpinan guru sebagai pembina ekstrakurikuler dengan hasil belajar (koefisien korelasi 0,57) dan antara profesionalisme guru dengan hasil belajar (koefisien korelasi 0,53). Korelasi ganda antara kedua variabel independen dengan hasil belajar signifikan (Fhitung 7,78 > Ftabel 3,89). Kesimpulannya, terdapat hubungan signifikan antara kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler, profesionalisme guru, dan hasil belajar siswa tahun ajaran 2022-2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...