Penelitian ini mengkaji korelasi antara kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler, profesionalisme guru, dan hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha. Menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan angket dari 15 guru kelas pembina ekstrakurikuler. Analisis data menggunakan korelasi multivariet product moment. Hasil menunjukkan hubungan positif antara kepemimpinan guru sebagai pembina ekstrakurikuler dengan hasil belajar (koefisien korelasi 0,57) dan antara profesionalisme guru dengan hasil belajar (koefisien korelasi 0,53). Korelasi ganda antara kedua variabel independen dengan hasil belajar signifikan (Fhitung 7,78 > Ftabel 3,89). Kesimpulannya, terdapat hubungan signifikan antara kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler, profesionalisme guru, dan hasil belajar siswa tahun ajaran 2022-2023.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024