Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025

Pendidikan Seni Tari Usia Dini dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa

Fadhilah, Muthia Nur (Unknown)
Primanisa, Reiska (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Keterampilan seni tari juga penting dimiliki oleh calon pendidik PAUD agar mampu membimbing kreativitas anak didik. pendekatan pendidikan seni tari usia dini merupakan metode pembelajaran yang mengintegrasikan seni tari kedalam kurikulum anak usia dini. Mata kuliah pendidikan seni tari berpotensi besar untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa calon pendidik PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam selama satu semester tahun akademik 2022/2023. Hasil penelitian di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, penerapan seni tari usia dini untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa menunjukkan hasil yang positif. Mahasiswa pada mata kuliah pendidikan seni tari IAIN Kendari lebih kreatif, seperti yang ditunjukkan oleh pencapaian mereka terhadap empat indikator utama kreativitas tari: orisinalitas, kelancaran, keluwesan, dan ekspresivitas. Mahasiswa juga mampu menunjukkan kemampuan menciptakan karya tari baru yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Pelaksanaan pelatihan tari anak usia dini di IAIN Kendari terbukti memberikan manfaat nyata dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa dan mempersiapkan mereka menjadi pendidik yang lebih kompeten di bidang PAUD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...