Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 5 No. 1 (2024): Juni

PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM DI DESA TOMPASOBARU II KECAMATAN TOMPASOBARU

Sangari, Marsela (Unknown)
Manongko, Allen Ch. (Unknown)
Makaliwe, Niny (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah Pengaruh Literasi Keuangan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UMKM di Desa Tompasobaru II Kecamatan Tompaso.Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah bagian tepenting dalam perekonomiian Indonesia yang dapat memacu laju pertumbuhan ekonomi. Keberadaan UMKM tidak dapat dihapuskan ataupun dihindarkan dari masyarakat bangsa saat ini karena keberadaannya sangat bermanfaat dalam hal pendistribusian pendapatan masyarakat.Literasi keuangan merupakan hal yang sangat diperlukan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih terampil dalam mengelola sumber pendapatan serta mengelola keuangan pribadinya. Adanya literasi keuangan yang baik akan turut mendorong tingkat kesejahteraan seseorang dikarenakan akan membuat seseorang akan menjadi lebih bijak dalam mengelola keuangannya.Kinerja adalah output kerja yang diperoleh perorangan yang menyesuaikan posisi dan kewajiban perorangan tersebut di perusahaan dalam rentang waktu ertentu yang ada kaitannya dengan value atau patokan yang disepakati (Aribawa, 2016). Kinerja UMKM menurut Marija (2021) adalah output pengusaha UMKM yang start-nya dari pembukaan usaha hingga diraihnya target yang telah ditetapkan mengacu pada standar penilaian perusahaan yang diputuskan sebelumnya.Di Desa Tompasobaru II Kec. Tompasobaru terdapat 60 pelaku UMKM yang terdiri dari Toko harian, warung makan, percetakan, tukang jahit, dan salon. Terdapat sekitar 50% pelaku UMKM yang masih rendah pengetahuan mengenai literasi keuangan yang dimiliki usaha mikro meskipun mereka menganggap bahwa literasi keuangan itu penting untuk keberlanjutan usaha yang mereka jalani.Di Desa Tompasobaru II Kec. Tompasobaru belum adanya inovasi yang signifikan terkait dengan penyediaan tempat pusat pemasaran produk UMKM (sejenis pusat pasar oleh- oleh) dan kemampuan terkait branding produk. Selama ini kemampuan branding relatif terabaikan, karena ada kecenderungan pelaku UMKM lebih fokus dalam kegiatan produksi (Balitbang, 2022). Perlunya peningkatan dan inovasi yang berkelanjutan sebagai sumber utama keunggulan kompetitif bagi usaha yang dijalankan.Penelitian ini termasuk dalam penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian asosiatif kausal adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini akan menjelaskan hubungan mempengaruhi dan dipengaruhi dari variabel-variabel yang akan diteliti. Penelitian ini menghubungkan pengaruh literasi keuangan dan inovasi produk terhadap kinerja UMKMKata Kunci: Literacy Keuangan, Inovasi Produk, Kinerja UMKM

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...