ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajar ekonomi kelas XI SMA Negeri 2 Tahuna. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 54 siswa. Uji instrument yang di gunakan yakni uji validasi dan reliabilitasi. Variabel XI, X2 dan Y memiliki data yang normal. Uji hipotesis 1 dan 2 yang di gunakan yaitu : korelasi sederhana, Uji t dan Koefisien determinasi sedangkan Hipotesis 3 di gunakan Uji korelasi berganda dan Uji F. Hasil penelitian ini diperoleh terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 2 Tahuna, Variabel lingkungan keluarga (X1) dan Variabel lingkungan sekolah (X2) memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap variabel minat (Y) sebesar 92% dan sisanya 8% di tentukan oleh variabel lain yang tidak di teliti. Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Minat Belajar ABSTRACT This study aims to determine how the influence of the family environment and school environment on students' interest in learning in the subject of economics class XI SMA Negeri 2 Tahuna. This study is a quantitative study with a sample of 54 students. The instrument test used is the validation and reliability test. Variables XI, X2 and Y have normal data. Hypothesis tests 1 and 2 used are: simple correlation, t-test and determination coefficient while Hypothesis 3 uses multiple correlation test and F-test. The results of this study obtained that there is an influence of the family environment and school environment on students' interest in learning in the subject of economics class XI SMA Negeri 2 Tahuna, Family environment variables (X1) and School environment variables (X2) have a very strong influence on the interest variable (Y) of 92% and the remaining 8% is determined by other variables that are not examined. Keywords: Family Environment, School Environment, Learning Interest
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024