Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh memberikan dampak terhadap perkembangan kecerdasan dan kemampuan berpikir seseorang. Salah satunya kecerdasan emosional yang mana memiliki konstribusi dalam bertukar pendapat dan juga mengkritis sesuatu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendeketan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 165 mahasiswa dan sampel sebanyak 117 mahasiswa yang diambil menggunakan cluster sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang berkaitan dengan kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kritis. Kemudian data yang ada di analisis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PAI UAD angkatan 2021 yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari a 0,05. Besaran pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PAI UAD angkatan 2021 yaitu memiliki nilai R Square 47,2% dan memiliki tingkat hubungan dalam kategori kuat dengan nilai R 0,687.
Copyrights © 2024