Sulawesi Tenggara Educational Journal
Vol 4 No 3: Desember (2024)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Digital

Iskandar, Iskandar (Unknown)
Wahidah, Nina Ikhwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penerapan teknologi dalam pembelajaran telah mendorong inovasi metode pengajaran, termasuk model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pembelajaran Digital. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok mahasiswa: kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji independent samples test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), yang menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pembelajaran Digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seduj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sultra Educational Journal (Seduj) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Tenggara. Seduj terbit tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Seduj menjadi sarana publikasi bagi para akademisi, peneliti, dan ...