Penelitian ini fokus pada meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA melalui metode eksperimen di kelas IV SD Negeri 1 Kambowa, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui metode pembelajaran eksperimen di SD Negeri 1 Kambowa. Metode penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis & MC Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kambowa yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklusya terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil pembelajaran siswa pada prasiklus sebelum menerapkan metode eksperimen terdapat 7 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 35%. Setelah menerapkan metode eksperimen pada siklu I siswa yang tuntas belajar menjadi 14 siswa dengan ketuntasan klasikal 70%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 17 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode eksperimen dapat meningkat hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Kambowa.
Copyrights © 2024