Abstrak: Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih sangat rendah karena kegiatan pembelajaran dan penilaian yang dilakukan masih berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan soal tes yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi gelombang berjalan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi gelombang berjalan dalam bentuk soal esay dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi gelombang berjalan yang dikembangkan memiliki nilai validitas antara 0,67-0,79 masuk pada kategori tinggi, reliabilitas 0,90 masuk pada kategori sangat tinggi, daya pembeda 0,39-0,55 masuk pada kategori baik, dan tingkat kesukaran 0,44-0,61 masuk pada kategori sedang sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa insrumen tes yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci: Instrumen Tes, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Penilaian, Gelombang Berjalan
Copyrights © 2024