Psycho Aksara Jurnal Penelitian Psikologi
Vol 3 No 1 (2025): Volume 3, Nomor 1, Januari 2025

Penerapan Konseling Individual Behavioristik Dengan Metode Directive Untuk Siswa Yang Mempunyai Motivasi Belajar Rendah

Nirmala, Amelia Putri (Unknown)
Esmiati, Amy Novalia (Unknown)
Firmansyah, Fitri Awan Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat hasil dari penanganan intervensi konseling individual behavioristik dengan metode direktif. Subyek seorang laki-laki yang duduk dikelas 8 dan berumur 15 tahun. Pengambilan data yang dipake adalah dengan metode asesmen. Asemennya meliputi melakukan wawancara, melakukan pengamatan secara langsung (observasi) dan melakukan serangkaian tes psikologi. Subyek pada penelitian ini mempunyai permasalahan motivasi belajar yang rendah. Bantuan intervensi yang diberikan untuk subyek yaitu berupa konseling individual behavioristik dengan metode direktif.Penggunaan intervensi tersebut membawa dampa positif bagiperubahan perilaku subyek dan hasilnya dapat membantu subyek untuk meningatkan motivasi belajarnya. Subyek secara berangsur-angsur dapat mengurangi perilakunya yang kurang baik dan mengganti perilaku tersebut dengan perubahan perilaku yang positif. Perubahan perilaku subyek kearah yang lebih baik tersebut diharapkan mendapatkan pujian dan dukungan dari keluarganya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pyschoaksara

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Social Sciences

Description

Jurnal Psycho Aksara Jurnal Psikologi menerima naskah penelitian terkait pengembangan dalam bidang ilmu Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Agama, Psikologi Perkembangan dan Psikologi Konseling, Jurnal Psycho Aksara terbit satu tahun ...