Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan referensi pengetahuan tentang pemahaman manajemen pendidikan inklusi menurut perspektif Islam. Pendidikan yang baik, pada akhirnya harus menghasilkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, dan bertanggung jawab. Namun dalam praktiknya tujuan pendidikan masih belum sepenuhnya tercapai, khususnya dalam penerapan manajemen pendidikan inklusi dengan nilai Islam yang harus diimplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari siswa, terutama yang berada di lingkungan sekolah. Diperlukan manajemen pendidikan Islam sebagai proses pengelolaan lembaga pendidikan berbasis nilai-nilai Islam yang bertujuan menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif, efisien, dan sesuai dengan syariat. Implementasi manajemen pendidikan Islam melibatkan prinsip-prinsip Al-Qur'an, Sunnah, serta kaidah Islam dalam pengelolaan pendidikan cabang keilmuan kini semakin berkembang pesat hingga tercipta dengan konsep penerapan POAC dalam manajemen pendidikan inklusi Islam untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu manfaat utama pendidikan inklusi adalah menciptakan lingkungan yang mendukung dan terbuka bagi semua anak, sehingga mendorong penghargaan terhadap keragaman dan meningkatkan saling pengertian di antara mereka. Metode penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan jurnal artikel yang relevan dengan tema pembahasan penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini, bersumber dari google scholar dan beberapa rujukan keilmuan lainnya, berkaitan dengan manajemen pendidikan inklusi menurut perspektif Islam.
Copyrights © 2024