Fatih: Journal of Contemporary Research
Vol. 2 No. 1 (2025): January-June

Membangun Karakter Islami di Sekolah Revitalisasi Kurikulum PAI Sebagai Solusi

Juliani (Unknown)
Dian Dana Ramadhan (Unknown)
Muhammad Syafiq (Unknown)
Mudia Hawa Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Pembentukan karakter Islami merupakan salah satu tujuan utama pendidikan untuk menghasilkan generasi yang berakhlak mulia, memiliki integritas, dan mampu berperan positif dalam masyarakat. Namun, tantangan era globalisasi dan krisis moral di kalangan pelajar menuntut adanya upaya revitalisasi dalam pendidikan, khususnya melalui Pendidikan Agama Islam (PAI). Artikel ini membahas bagaimana revitalisasi kurikulum PAI dapat menjadi solusi strategis dalam membangun karakter Islami di sekolah. Pendekatan yang digunakan melibatkan analisis konsep karakter Islami, evaluasi kurikulum PAI saat ini, dan strategi perbaikan untuk meningkatkan relevansi dan efektivitasnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum PAI memerlukan pembaruan melalui integrasi nilai-nilai Islami dalam mata pelajaran lain, metode pembelajaran berbasis praktik, serta pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar. Selain itu, kolaborasi antara sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan implementasi pendidikan karakter Islami. Jadi, revitalisasi kurikulum PAI tidak hanya berfungsi sebagai solusi atas permasalahan moral, tetapi juga sebagai fondasi untuk mencetak generasi berkarakter Islami yang mampu menghadapi tantangan global dengan tetap memegang teguh nilai-nilai agama. Artikel ini merekomendasikan langkah-langkah strategis untuk penerapan kurikulum yang holistik dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fatih

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Fatih Journal of Contemporary Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...