At-Taqwa: Jurnal Pendidikan dan Islamic Studies
Vol 2, No 2 (2024): DESEMBER

Evolusi Pendidikan Islam Di Indonesia: Jejak Pertumbuhan dan Perkembangan di Pesantren, Madrasah, dan Sekolah Berasrama

Sari, Mirna (Unknown)
Maela, Siti (Unknown)
Ali, Damsir (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia memiliki akar sejarah yang kuat dan berkembang melalui berbagai institusi seperti pesantren, madrasah, dan sekolah berasrama. Penelitian ini membahas sejarah pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam di ketiga lembaga tersebut, mulai dari masa awal hingga era modern. Pesantren sebagai institusi pendidikan tertua dalam tradisi Islam Nusantara memainkan peran penting dalam penyebaran nilai-nilai keagamaan dan pembentukan kader ulama. Seiring dengan kolonialisme dan modernisasi, muncul madrasah sebagai bentuk pendidikan formal yang mengintegrasikan kurikulum agama dan umum. Selanjutnya, sekolah berasrama muncul sebagai inovasi dalam menjawab tantangan pendidikan Islam kontemporer dengan menyediakan lingkungan pembelajaran yang terpadu. Studi ini juga menyoroti dinamika perubahan kurikulum, peran pemerintah, serta pengaruh globalisasi terhadap keberlanjutan dan transformasi lembaga-lembaga ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga institusi tersebut saling melengkapi dalam mempertahankan tradisi pendidikan Islam sekaligus beradaptasi dengan kebutuhan zaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

attaqwa

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

At-Taqwa: Jurnal Pendidikan dan Islamic Studies, diterbitkan oleh PT. Adhyaksa Gemilang Utama Jakarta, Indonesia. Dalam jurnal ini artikel memuat artikel tentang bidang kajian keilmuan Islam dan pendidikan Islam. At-Taqwa: Jurnal Pendidikan dan Islamic Studies menerima naskah dalam bidang penelitian ...