At-Taqwa: Jurnal Pendidikan dan Islamic Studies
Vol 2, No 2 (2024): DESEMBER

Jejak Pertumbuhan Pendidikan Islam Pada Masa Nabi: Sejarah dan Dinamikan Perkembangannya

Putri, Ajeng Vamellya (Unknown)
Amelia, Nia (Unknown)
Ali, Damsir (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Dalam kenyataan, manusia memerlukan pendidikan karena ia tidak bisa berkembang dan mengembangkan kebudayaannya secara sempurna apabila tidak ada pendidikan. Tidak hanya pendidikan umum, pendidikan Islam juga memiliki peranan yang sangat penting. Proses pendidikan sebenarnya telah berlangsung sepanjang sejarah dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial budaya manusia di bumi. Begitu pula dengan pendidikan Islam yang pertama kali diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw dengan berbagai hambatan dan pertentangan dari orang-orang yang tidak mempercayai dan menentang ajaran Islam. Pendidikan Islam pada masa Nabi Muhammad SAW terbagi dua periode, Makkah dan Madinah. Metode pendidikan Islam berkembang dari prinsip-prinsip yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dan diterapkan sesuai zaman yaitu metode ceramah, diskus, keteladanan, pembiasaan serta pengarahan dan peringatan. Dalam perspektif Ilmu Pendidikan Islam, yang mengutamakan ilmu pengetahuan (knowledge) dan penanaman nilai (value) sudah barang tentu memerlukan alat yang relevan. Ketika syariat Islam sulit untuk ditegakkan, kekuasaan adalah sarana untuk mempertahankan syiar Islam, sedangkan pendidikan bertujuan untuk menyadarkan masyarakat untuk menjalankan syariat. Tanpa pendidikan masyarakat tidak memahami syariat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

attaqwa

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

At-Taqwa: Jurnal Pendidikan dan Islamic Studies, diterbitkan oleh PT. Adhyaksa Gemilang Utama Jakarta, Indonesia. Dalam jurnal ini artikel memuat artikel tentang bidang kajian keilmuan Islam dan pendidikan Islam. At-Taqwa: Jurnal Pendidikan dan Islamic Studies menerima naskah dalam bidang penelitian ...