DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 4 No 1 (2024): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA POS BLOC KOTA MEDAN

Siregar, Sulthon Zulkarnain (Unknown)
Zannurain, M. Fauzan (Unknown)
Wardani, Putri (Unknown)
Wirdia, Indah Aini (Unknown)
Rifa’i,, Muhammad (Unknown)
Harahap, Nissaiy Darussakinah (Unknown)
Andhany, Ella (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi elemen etnomatematika yang terdapat pada bangunan Pos Bloc di Kota Medan, yang merupakan bekas gedung kantor pos era kolonial Belanda. Penelitian ini bertujuan untuk menghubungkan prinsip-prinsip matematika, seperti geometri, transformasi geometri, perbandingan, dan matematika terapan (graf), dengan unsur budaya dan arsitektur bangunan. Dengan menggunakan metode penelitian etnografi kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai konsep matematika dapat ditemukan pada elemen-elemen bangunan, seperti jendela, lantai, dan tangga. Temuan ini menyoroti pentingnya integrasi etnomatematika untuk memperkaya pembelajaran matematika yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diferensial

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di ...