DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 4 No 1 (2024): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR): EFEKTIVITAS PENILAIAN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESSEMENT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Zannurrain, M. Fauzan (Unknown)
Siregar, Sulthon Zulkarnain (Unknown)
Wardani, Putri (Unknown)
Wirdia, Indah Aini (Unknown)
Rifa’i, Muhammad (Unknown)
Andini, Rizka Tri (Unknown)
Ginting, Siti Salamah Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan efektivitas penilaian autentik (authentic assessement) pada pembelajaran matematika. Metode penelitian pada penelitian ini yaitu menggunakan sistematic literature review (SLR). Dari hasil pencarian artikel dari google scholar ditemukan sebanyak 31 artikel, kemudian dieksklusi dengan syarat yang ditentukan maka artikel tersaring menjadi 22 artikel, lalu dengan melihat kelayakan artikel dilihat dari jurnal yang terakreditasi 1-3 dan membaca abstrak untuk mengetahui kesesuaian topik untuk penelitian ini maka didapat 6 artikel yang layak untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian autentik itu efektif untuk dilakukan pada pembelajaran matematika karena tidak hanya memberikan gambaran holistik/menyeluruh tentang pemahaman siswa terhadap konsep matematika tetapi juga dapat memiliki dampak positif terhadap pemahaman siswa dan kualitas pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diferensial

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di ...