BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GERHANA DAN PERUBAHAN FASE BULAN MELALUI ALAT PERAGA SEDERHANA

Setiowati, Yunisa (Unknown)
Hidayah, Bidayatul (Unknown)
Budi, Hermawan Setia (Unknown)
Qodriyah, Rafika Siyami (Unknown)
Fatmawati, Nurul Fidya (Unknown)
Ratnasari, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep gerhana dan perubahan fase bulan pada mahasiswa dengan menggunakan alat peraga sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif sebagai pendekatan yang dipakai untuk mengkaji keadaan objek secara alami melalui 3 tahapan, persiapan, pelaksanaan, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dimulai tahap persiapan melibatkan pemilihan alat peraga sederhana yang tepat untuk mengilustrasikan fenomena tersebut. Tahap pelaksanaan fokus pada pembuatan dan penggunaan alat peraga yang sesuai dengan konsep yang akan disampaikan serta mudah dipahami. Tahap penyimpulan mencakup evaluasi keberhasilan pembuatan dan fungsionalitas alat peraga, serta kesimpulan mengenai efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga denga alat dan bahan sederhana terbukti efektif dalam menjelaskan konsep gerhana dan perubahan fase bulan kepada mahasiswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa alat peraga sederhana dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam pembelajaran IPAS karena memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret dan mendalam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...