BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

RANCANGAN MODUL AJAR TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

Mudrikah, Ikah (Unknown)
Suliyanah, Suliyanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Modul ajar berbasis ayat Al-Qur’an untuk materi energi terbarukan bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang holistik dan integratif. Dengan menghubungkan konsep-konsep ilmiah dengan ayat-ayat Al-Qur’an, diharapkan peserta didik dapat memahami materi energi terbarukan dengan lebih mendalam dan memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi pendidik lainnya dalam mengembangkan materi ajar yang integratif dan berbasis nilai-nilai agama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengaplikasian metode Delphi. Instrumen penelitian berupa lembar validasi modul ajar yang digunakan untuk menilai modul ajar yang telah dirancang dan disusun. Penilaian modul ajar dilakukan oleh tiga orang validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis model PBL terintegrasi ayat Al-Qur’an layak diimplementasikan pada sekolah jenjang menengah atas berbasis agama atau pesantren yang ditunjukkan dengan hasil nilai validasi modul ajar dengan kriteria sangat valid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...