BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR

Danial, Yulistia Anggraini (Unknown)
Odja, Abdul Haris (Unknown)
Payu, Citron S. (Unknown)
Abdjul, Tirtawaty (Unknown)
Setiawan, Dewa Gede Eka (Unknown)
Uloli, Ritin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode one grop pretest posttest design. Tempat pelaksanaan penelitian di MTS Negeri 1 Bone Bolango. Populasi penelitian ini seluruh kelas VII dengan sampel penelitian kelas VII 2 dan kelas VII 5. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 15 nomor dengan indikator taksonomi bloom. Dari hasil hipotesis yang diperoleh thitung dan ttabel untuk taraf nyataa=0,05 kelas ekperimen thitung memperoleh nilai 16,51, lebih besar dari ttabel 2,07 dan kelas replikasi thitung memperoleh nilai 30,76, lebih besar dari ttabel 2,13. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep suhu dan kalor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...