Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Istima’ telah terbukti sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kajian terhadap penelitian-penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual dapat membantu guru menyampaikan materi Istima’ dengan lebih mudah serta meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran menyimak kosakata bahasa Arab. Selain itu, penggunaan alat pengeras suara sebagai media pendukung juga menjadi faktor penting dalam proses pengajaran. Temuan ini menegaskan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam mendukung pembelajaran bahasa Arab yang interaktif dan efektif. The use of audio-visual media in Istima’ learning has been proven to be an effective method for improving the quality of Arabic language education. This study employed a qualitative method by collecting data through a review of relevant previous studies. The findings reveal that audio-visual media significantly aids teachers in delivering Istima’ lessons more effectively and enhances students' interest in learning Arabic vocabulary listening skills. Additionally, the use of sound amplification systems as supporting media is identified as a crucial factor in the teaching process. These findings emphasize the importance of utilizing technology to support interactive and effective Arabic language learning.
Copyrights © 2025