Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan kreativitas guru melalui pendekatan naratif dalam penulisan artikel populer di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 6 Dau, yang diselenggarakan oleh Unit Pengembangan Karakter Mahasiswa, Universitas Brawijaya. Pelatihan ini dirancang untuk membekali guru dengan keterampilan menulis sebagai sarana menyebarkan nilai-nilai karakter kreatif kepada siswa, sekaligus mendorong guru untuk menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan. Metode pelatihan mencakup berbagai teknik, seperti pengenalan dasar-dasar penulisan artikel populer, penggunaan elemen naratif, refleksi mendalam, dan praktik kolaboratif. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa penulisan artikel populer tidak hanya meningkatkan keterampilan literasi dan berpikir kritis guru, tetapi juga menciptakan ruang reflektif yang memperkuat praktik pedagogis mereka. Guru dilatih untuk memanfaatkan elemen naratif dalam menyampaikan ide-ide kreatif secara efektif, memotivasi pembaca, dan memperluas dampak tulisan mereka ke masyarakat yang lebih luas. Diskusi dan kolaborasi selama pelatihan membantu peserta memperkaya perspektif mereka dan meningkatkan kualitas tulisan. Artikel ini menekankan pentingnya pelatihan berkelanjutan dalam mengembangkan kreativitas guru serta mendukung transformasi pendidikan yang lebih inovatif, relevan, dan inklusif.
Copyrights © 2024