Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 - No. 4 - OKTOBER 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD NEGERI 091607 SINAKSAK

Rahel Laura Anastasya Lumban Raja (Unknown)
Asister Fernando Siagian (Unknown)
Desi Sijabat (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen (pre-experimental design). Analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi penelitian di kelas V SD Negeri 091607 Sinaksak yang berlokasi di Jln. Medan Km. 10 Gg. Kamboja Sinaksak. Sampel dalam penelitian ini yaitu diambil disatu kelas yang digunakan sebagai kelas One Group sehingga yang menjadi sampel di penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 091607 Sinaksak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian diperoleh yaitu terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dengan rata-rata posttest berjumlah 72,24 sedangkan pretest berjumlah 35,96. Pengaruh model inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan faktor hake dengan uji N-Gain diperoleh niai sebesar 0,57 dengan kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...