AbstrakĀ Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis teknologi merupakan langkah inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pada materi kompleks seperti Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis Genially dalam meningkatkan pemahaman siswa serta merancang bahan ajar yang menarik dan interaktif sesuai kebutuhan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan menganalisis 20 artikel ilmiah terbitan 2021-2024, yang mengimplementasikan berbagai model pengembangan bahan ajar, termasuk ADDIE, RnD, dan 4D. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa Genially memiliki validasi ahli materi dan media yang tinggi, dengan rata-rata nilai di atas 85%, yang tergolong "Sangat Efektif". Implementasi di kelas menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa hingga 30%, serta peningkatan motivasi belajar melalui elemen visual, audio, dan simulasi berbasis kasus nyata. Media ini memanfaatkan elemen visual, audio, dan animasi, sesuai dengan Teori Multimedia Mayer, sehingga meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang bersifat abstrak. Implementasi Genially dalam pembelajaran perpajakan menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif, seperti simulasi dan kuis, yang membantu siswa memahami penghitungan pajak dalam konteks nyata.
Copyrights © 2024