Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 8 No 2 (2024): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Empowerment Of Disability Groups Through The Difabel Creative Center Program At Daarut Tauhiid Care Bandung City

Risyal, Muhammad Ade (Unknown)
Novitasari, Nastiti (Unknown)
Laksono, Bayu Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Permasalahan yang mendasari pendirian Difabel Creative Center di Daarut Tauhiid Peduli Kota Bandung berkaitan dengan tantangan besar yang dihadapi penyandang disabilitas dalam mengakses peluang kerja dan kehidupan sosial yang setara. Banyak individu dengan keterbatasan mental atau fisik merasa kurang beruntung dan pesimis dalam menghadapi kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan pemberdayaan kelompok disabilitas melalui program Difabel Creative Center di Daarut Tauhiid Peduli Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan kelompok disabilitas melalui program Difabel Creative Center (DCC) di Daarut Tauhiid Peduli, dilakukan dengan metode survei terbuka untuk mengidentifikasi kebutuhan, analisis sosial-ekonomi, prioritisasi sumber daya, inovasi program, implementasi, dan evaluasi berkala. Program ini berhasil meningkatkan keterampilan peserta dalam berbagai bidang kreatif. Selain itu, program ini juga berkontribusi terhadap perkembangan kesejahteraan mental dan spiritual peserta, yang terlihat dari peningkatkan kepercayaan diri dan partisipasi aktif dalam kegiatan sosial. Peluang pekerjaan bagi peserta juga meningkat, dengan beberapa peserta berhasil mendapatkan pekerjaan atau memulai usaha mandiri. Simpulan dari penelitian ini adalah pemberdayaan yang dilakukan melalui berbagai aktivitas kreatif dan dukungan sosial terbukti mampu meningkatkan kualitas hidup peserta

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JLC

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal accepts article submissions from worldwide scholars, authors, and novice researchers in (but not limited to) the following area of studies: 1. Adult and Continuing Education 2.Training dan Human Resource Development 3. Community Empowerment 4. Parenting Education 5. Innovation in ...