Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPPSI)
Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Peran Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin melalui Pembelajaran PPKn di SMAS Al-Khairiyah Samarinda

Sumiati, Sumiati (Unknown)
Wingkolatin, Wingkolatin (Unknown)
Asnar, Asnar (Unknown)
Bahzar , Moh. (Unknown)
Jamil, M. (Unknown)
Majid , Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran PPKN di SMAS Al-Khairiyah Samarinda, untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dalam penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran PPKN di SMAS Al-Khairiyah Samarinda, kemudian untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran PPKN di SMAS Al-Khairiyah Samarinda. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SMAS Al-khairiyah Samarinda pada bulan April 2024 – Juli 2024. Subjek penelitian ini ialah guru mata pelajaran PPKn, dan siswa-siswi kelas XI-XII dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya peran guru dalam menghadapi masalah dalam pendidikan, dan pembentukan karakter pada generasi muda. Guru sebagai fasilitator dan penentu kebijakan yang memiliki peran sentral dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Selain itu, diperlukan upaya peningkatan manajemen waktu dan disiplin diri siswa, serta strategi untuk mengatasi gangguan dan kesulitan materi serta menyesuaikan strategi pembelajaran, sementara pembangunan karakter melalui nilai-nilai positif menjadi landasan utama untuk menciptakan individu yang berakhlak mulia. Dukungan orang tua dan masyarakat juga penting dalam proses pendidikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jippsi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPPSI) adalah jurnal yang bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian, pengkajian, dan penerapan teknologi yang didedikasikan untuk perkembangan terbaru di bidang ilmu pendidikan, keguruan, manajemen pendidikan, dan psikologi. Jurnal Ilmu Pendidikan dan ...