Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember

Menumbuhkan Budaya Literasi Pada Anak-Anak Di Sekolah Dasar Karya Thayybah Sumboli: Pengalaman Dari KKN Tematik UIN Datokarama Palu

Utomo, Budi (Unknown)
Safarudin, Safarudin (Unknown)
Sunu, Asri Bp (Unknown)
Rahmawati, Eni (Unknown)
Zulfaini, Zulfaini (Unknown)
Wahida, Wahida (Unknown)
Selfi, Selfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di Sekolah Dasar Karya Thayybah, Desa Wani 3. Program ini dirancang untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat baca anak-anak melalui serangkaian kegiatan seperti pengenalan buku bacaan, sesi membaca bersama, hingga penguatan kebiasaan literasi di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan partisipatif. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dengan guru, serta dokumentasi selama pelaksanaan kegiatan. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan minat baca siswa yang signifikan, ditandai dengan antusiasme mereka dalam mengikuti kegiatan literasi, meningkatnya jumlah buku yang dibaca, serta perubahan sikap siswa terhadap kebiasaan membaca. Kesimpulannya, program literasi yang dirancang secara interaktif dan kreatif dapat menjadi solusi efektif untuk menumbuhkan budaya membaca pada anak-anak, terutama jika didukung oleh pengelolaan yang berkelanjutan di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...