Jurnal Pendidikan Islam AL-ILMI
Vol. 7 No. 2 (2024)

Pembelajaran Agama Islam dan Kearifan Lokal: Strategi Integrasi Budaya dalam Kurikulum Sekolah Dasar

Farid Haluti (Unknown)
Jumahir (Unknown)
Sukmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pengajaran agama yang relevan dengan konteks budaya lokal, guna memperkuat identitas kultural dan spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi integrasi antara pembelajaran Agama Islam dan kearifan lokal dalam kurikulum Sekolah Dasar di Kecamatan Luwuk. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus yang melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran Agama Islam mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai agama dan budaya lokal secara holistik. Kesimpulannya, strategi ini efektif dalam menciptakan kurikulum yang kontekstual dan berkelanjutan, yang tidak hanya memperkaya pengetahuan agama tetapi juga melestarikan kearifan lokal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ilmi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI adalah jurnal Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Universitas Muhammadiyah Luwuk terbit berkala enam bulan sekali yaitu bulan Mei dan ...