Tujuan PKM ini adalah: Untuk mengedukasi dan mendorong pelaku UMKM, Untuk menggali cara menghubungkan desain pengemasan dengan kearifan lokal dan budaya, Untuk menggali kurangnya dalam pencatatan keuangan mepengaruhi keputusan strategis UMKM. Metode yang digunakan adalah Pelatihan/Workshop, Pendekatan Partisipatif, dan Pembuatan prototipe kemasan hasil dari PKM adalah PKM ini berhasil mencapai tujuan utama dalam meningkatkan kapasitas bisnis UMKM di Desa Bonto Salluang. Dalam peningkatan keterampilan entrepreneurship, pemanfaatan media sosial, dan diversifikasi produk menjadi pencapaian penting yang mendukung transformasi pemasaran UMKM. Meskipun terdapat beberapa tantangan, solusi yang diterapkan berhasil mengurangi hambatan dan memungkinkan UMKM untuk tumbuh dan berkembang lebih baik. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi model bagi program pemberdayaan UMKM di desa lain dengan kondisi serupa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024