Muta'allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 3 (2024): Muta'allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam

ALIRAN ESSENSIALISME DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

fidela, zanita (Unknown)
listanti, hani (Unknown)
sari, herlini puspika (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

This study examines the philosophy of essentialism within Islamic education, emphasizing the importance of foundational knowledge and universal values that align with Islamic teachings. Essentialism highlights the necessity of a curriculum grounded in time-tested values as a means to develop character and enhance students' moral integrity. Utilizing a qualitative literature-based approach, this research investigates the core principles of essentialism and its relevance to Islamic educational philosophy. The findings indicate that essentialism provides an educational framework that balances worldly and spiritual knowledge effectively. By incorporating Islamic values found in the Qur'an and Hadith, this approach plays a crucial role in fostering the development of morally upright individuals who can positively contribute to society. Therefore, essentialism proves to be not only relevant in the educational context but also serves as a foundation for cultivating strong and responsive character development in the face of contemporary challenges.Abstrak Penelitian ini membahas aliran esensialisme dalam filsafat pendidikan Islam, yang mengedepankan pengetahuan dasar serta nilai-nilai universal yang relevan dengan ajaran Islam. Esensialisme menekankan pentingnya kurikulum yang berlandaskan nilai-nilai yang telah teruji oleh waktu, sebagai upaya untuk membangun karakter dan memperkuat akhlak siswa. Melalui pendekatan kualitatif berbasis studi literatur, penelitian ini menyelidiki prinsip-prinsip inti esensialisme serta keterkaitannya dengan filsafat pendidikan Islam. Hasil analisis menunjukkan bahwa esensialisme menawarkan kerangka pendidikan yang seimbang antara pengetahuan duniawi dan ukhrawi. Dengan penerapan nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadis, pendekatan ini berperan penting dalam mendukung pembentukan individu yang berakhlak mulia dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Dengan demikian, esensialisme tidak hanya relevan dalam konteks pendidikan, tetapi juga menjadi landasan bagi pengembangan karakter yang kuat dan responsif terhadap tantangan zaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mjpai

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Mutaallim Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan agama Islam baik literatur library research maupun lapangan field research dengan berbagai pendekatan Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun di bulan ...