Jurnal Dedikasi
Vol 26, No 2 (2024): JURNAL DEDIKASI

Penerapan Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK dalam Praktik Pemesinan: Studi Kasus di SMK 10 Makassar

Baharuddin, Fiskia Rera (Unknown)
Fathahillah, Fathahillah (Unknown)
Rahman, M. Haristo (Unknown)
Mudarris, Mudarris (Unknown)
Triantini, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Abstrak. Era Revolusi Industri 4.0 menuntut adanya peningkatan kualitas pendidikan vokasi untuk menyiapkan tenaga kerja yang mampu beradaptasi dengan teknologi modern. Pendidikan vokasi di Indonesia, khususnya di tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK), masih menghadapi tantangan dalam mengajarkan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan industri. Artikel ini membahas program pengabdian masyarakat yang dilakukan di SMK 10 Makassar, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam praktik pemesinan melalui penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Melalui pelatihan berbasis AR dan VR, siswa diharapkan dapat lebih memahami konsep pemesinan yang kompleks dan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri modern. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman teknis dan keterampilan siswa, yang juga diperkuat melalui uji statistik. Artikel ini memberikan panduan pelaksanaan, hasil, dan kesimpulan dari penerapan teknologi AR dan VR dalam pendidikan vokasi sebagai upaya menjembatani kesenjangan antara pendidikan dan industri. Kata Kunci: Augmented Reality, Virtual Reality, Pendidikan Vokasi, Praktik Pemesinan, Kompetensi Siswa, Revolusi Industri 4.0

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Education for ...