LEBAH
Vol. 18 No. 2 (2025): Maret: Pengabdian

Peningkatan Literasi STEM melalui Del Mathematics and Science Competition Bidang Kimia

Arianti, Santi Febri (Unknown)
Kembaren, Roga Florida (Unknown)
Ronauli Silalahi, Fitriani Tupa (Unknown)
Gurning, Kartini Florensya (Unknown)
Sihombing, Lasro Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Kompetisi sains dan matematika memiliki peran penting dalam mendukung literasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), terutama di wilayah dengan akses pendidikan terbatas. Artikel ini menganalisis Del Mathematics and Science Competition (DMSC) bidang kimia, yang menggunakan format kompetisi hibrida untuk menjangkau siswa dari berbagai latar belakang geografis di Sumatra Utara. Kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia seperti struktur atom, ikatan kimia, dan termodinamika, sekaligus memotivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan di bidang STEM. Dari 485 peserta yang mendaftar, 100 siswa mengikuti kompetisi bidang kimia pada putaran awal daring, dan 25 siswa terbaik melanjutkan ke putaran final luring. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata nilai peserta dari 50,5 menjadi 70,2, mencerminkan efektivitas kompetisi dalam meningkatkan pemahaman materi. Survei juga mencatat peningkatan minat siswa terhadap STEM, dari 60% sebelum kompetisi menjadi 85% setelah kegiatan. Temuan ini mendukung efektivitas format hibrida yang inklusif dalam memberikan pengalaman belajar bermakna dan mengatasi tantangan aksesibilitas pendidikan. Saran untuk pengembangan kegiatan ke depan mencakup peningkatan dukungan teknologi dan penambahan komponen pelatihan untuk memperkuat dampak kompetisi

Copyrights © 2025