Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah salah satu tanda dari seberapa baiknya suatu sekolah, di mana manajemen pendidik dan tenaga kependidikan memiliki strategi perencanaan untuk meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana kepala sekolah menggunakan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dari perencanaan hingga evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal, yaitu: (1) strategi yang dilakukan oleh SMP PAB 8 Sampali untuk meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan; (2) cara mengelola guru dan tenaga kependidikan secara efektif; (3) kriteria penilaian kinerja guru di SMP PAB 8 Sampali; dan (4) bagaimana kepala sekolah bekerja sama dengan komite untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan kata lain, penelitian ini membahas tentang bagaimana sekolah menggunakan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan.
Copyrights © 2024