VisArt: Jurnal Seni Rupa dan Design
Vol. 2 No. 2 (2024): VisART : Jurnal Seni Rupa & Desain

Buku Sebagai Media Komunikasi Visual Promosi Batik Palembang Pada Remaja Usia 17-25 Tahun

Salsabilah Soha, Fadhilah Mutiara (Unknown)
Yulius, Yosef (Unknown)
Mubarat, Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui secara global. Batik, dengan keanekaragaman motif dan teknik pembuatannya, motifnya yang mencerminkan kekayaan budaya dan identitas lokal yang berbeda-beda di seluruh Nusantara. Meskipun batik telah mendapatkan pengakuan dunia, namun tidak banyak masyarakat yang mengetahui mengenai keberadaan batik di kota Palembang. Maka dari itu sangat penting dilakukan upaya untuk mempromosikan batik Palembang dengan tujuan memperkenalkan dan mempertahankan nilai budaya agar masyarakat di kota Palembang dapat melestarikan batik Palembang. Perancangan ini menggunakan metode design thinking yang mempunyai 5 tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate,Prototype, Test. Dalam perancangan promosi ini adapun media media yang di hasilkan adalah buku, ambient media mobil, poster, brosur, kemeja, slingbag, slingbag pouch, pouch, notebook, stiker, dan gantungan kunci. Perancangan ini bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui mengenai keberadaan Batik Palembang serta dapat melestarikan dan menghadirkan produk produk batik Palembang yang inovasi dalam desain ataupun fungsi dikehidupan sehari hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

visart

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

VisArt: Jurnal Seni Rupa dan Design focuses on the research of visual art studies through the experiences exchange among educators, artists, and researchers. Its primary goals is to promote quality research on conceptual ideas, studies, application of theories, and visual art reviews. Topics of ...