Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dipelajari pada setiap jenjang pendidikan. Komunikasi dalam matematika menolong guru memahami kemampuan siswa dalam menginterpretasikan dan mengekspresikan pemahamannya tentang konsep dan proses matematika yang mereka pelajari. Kemampuan berkomunikasi secara matematik masih menjadi titik lemah siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh sebab itu diperlukan sebuah model pembelajaran yang aktif dan inovatif. Tujuan artikel ini untuk mengkaji literatur tentang penerapan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar sehingga dapat dijadian sebagai referensi bagi guru maupun peneliti selanjutnya agar dapat diterapkan di dalam proses pembelajaran. Artikel ini menggunakan menggunakan jenis/pendekatan penelitian studi kepustakaan (library research) atau studi literatur (literature riview). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model Kooperatif Learning mampu meningkatkan kemampuan komusikasi matematis dan hasil belajar siswa, siswa menjadi disiplin percaya diri, dan memiliki toleransi antar sesama.
Copyrights © 2024