JEID
Vol. 4 No. 4 (2024)

Pancasila Education Curriculum Planning Model in Senior High School

Bowo, Ahmad Nasir Ari (Unknown)
Wahono, Joko (Unknown)
Paiman, Paiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Perencanaan kurikulum pendidikan pancasila belum terlaksana dengan baik. Sebagian guru belum memahami proses penyusunan perangkat pembelajaran, selain itu perencanaan pengembangan materi, dan tujuan pembelajaran tidak sesuai. Hal tersebut berdampak pada kurang maksimalnya tujuan pembelajaran yang dicapai. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menemukan model perencanaan kurikulum pendidikan pancasila di sekolah menengah atas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model perencanaan kurikulum pendidikan pancasila di sekolah menengah atas meliputi (1) analisis dokumen kurikulum nasional, (2) menyusun program tahunan dan program semester, (3) menyusun silabus, (4) menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Guru pendidikan pancasila sebagai pelaksana utama yang didukung oleh pihak sekolah, komunitas guru, komite sekolah, masyarakat dan dinas pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeid

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JEID: Jurnal Integrasi dan Pengembangan Pendidikan mencakup pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Agama, Pendidikan Karakter, Pendidikan Bahasa dan Seni serta Media dan Teknologi ...