EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2024)

SMART APPS CREATOR UNTUK MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI MENGGUNAKAN DATA BERKONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH

Adawiyah, Rabiyatul (Unknown)
Sukmawati, Ati (Unknown)
Noorbaiti, Rahmita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat memberikan dampak terhadap pendidikan yaitu digunakannya berbagai media pembelajaran yang inovatif berbasis teknologi. Selain itu, pengintegrasian konteks lingkungan lahan basah pada pembelajaran dapat menambah wawasan kearifan lokal terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran memanfaatkan smart apps creator untuk materi Menggunakan Data dengan konteks lingkungan lahan basah. Metode yang digunakan adalah metode RnD dengan model ADDIE. Tahap yang dilakukan yaitu analisis, perancangan desain, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Siswa kelas VIIG SMPN 9 Banjarmasin merupakan subjek uji coba. Lembar validasi, angket respons, serta tes merupakan instrumen yang digunakan. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media didapatkan nilai berturut-turut 4,26 yang termasuk valid dan 3,9 yang termasuk cukup valid. Nilai berdasarkan respons peserta didik dan respons guru berturut-turut sebesar 82,18% dan 82,3% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan tes hasil belajar, terlihat bahwa 80% peserta didik tuntas sehingga memenuhi kriteria efektif. Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan pada pembelajaran materi Menggunakan Data kelas VII. Kata kunci: Smart Apps Creator, media pembelajaran, menggunakan data, lingkungan lahan basah Abstract: The rapid development in technology has impacted education, specifically through the use of various innovative technology-based learning media. Additionally, integrating the context of wetland area into learning can provide insight into local wisdom towards the environment. This research aimed to develop the learning media by utilizing smart apps creators on Using Data topic with wetland area context. The used method is RnD with ADDIE model. The stages conducted Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Students in class VIIG at SMPN 9 Banjarmasin are as the subjects. Validation sheets, response questionnaires, and tests are the used instruments. Based on the validation of material experts and media experts, the scores are4.26 with valid criteria and 3.9 with quite valid criteria. The scores based on student responses and teacher responses are 82.18% and 82.3% with very practical criteria. Based on the learning test, it can be concluded that 80% of students are completed so it is effective. Therefore, this learning media can be applied in Using Data topic for Grade VII. Keywords: Smart Apps Creator, learning media, using data, wetland area

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edumat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDU-MAT adalah jurnal yang didirikan pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT merupakan kumpulan artikel hasil penelitian maupun kajian dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika ...