Navigation Physics : Journal of Physics Education
Vol 6, No 2 (2024): Navigation Physics : Journal of Physics Education Vol. 6 No. 2 Tahun 2024

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa melalui Pendekatan Kontekstual pada Model Problem Based Learning

Sari, Rina Sardiana (Unknown)
Saputra, I Gede Purwana Edi (Unknown)
Rahmawati, Dwi Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Observasi dilakukan melalui wawancara dengan guru fisika di SMA Negeri 1 Wundulako bahwa beberapa siswa masih belum terbiasa dengan soal pemecahan masalah, sehingga mengakibatkan kesulitan dalam menganalisis masalah yang disajikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana keterampilan pemecahan masalah fisika siswa melalui penerapan model PBL dengan pendekatan kontekstual, mengevaluasi efektivitas PBL dalam meningkatkan keterampilan ini, dan memeriksa hubungan dua arah antara kedua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan desain pra-eksperimental. Kami memberikan pretest dan posttest kepada subjek untuk mengumpulkan data. Temuan pretest penelitian menghasilkan skor rata-rata 57,096, sedangkan hasil posttest menunjukkan rata-rata 77,096, yang mengarah pada kesimpulan bahwa penerapan PBL menggunakan pendekatan kontekstual secara efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah fisika. Akhirnya, melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan metode uji-t, nilai-p ditemukan kurang dari 0,05, yang menunjukkan signifikansi statistik; Oleh karena itu, kami menolak hipotesis nol H0 dan menerima hipotesis alternatif H1 yang menyatakan pentingnya penerapan model pembelajaran ini dalam konteks kelas untuk mengajarkan kurikulum Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpeu

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Navigation Physics : Journal of Physics Education is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, or program applications related to Physics Education in across settings. The journal is concerned with the ...