Navigation Physics : Journal of Physics Education
Vol 6, No 2 (2024): Navigation Physics : Journal of Physics Education Vol. 6 No. 2 Tahun 2024

Perspektif Bronowski Terhadap Relevansi Filsafat Ilmu dalam Mendesain Media Pembelajaran Fisika

Sumarni, Ria Asep (Unknown)
Amilia, Winanda (Unknown)
Muslim, Suyitno (Unknown)
Djatmiko, Wisnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Perkembangan teknologi di Era Revolusi 4.0 dan Society 5.0 telah mengubah sistem pembelajaran dari manual menjadi digital, dengan banyaknya pilihan media pembelajaran fisika yang tersedia, yang seringkali membingungkan pelajar dalam menentukan media terbaik untuk digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi relevansi filsafat ilmu, khususnya pandangan Jacob Bronowski, dalam mendesain media pembelajaran fisika. Dengan pendekatan holistik, penelitian ini menekankan pentingnya integrasi antara aspek teknis dan pengembangan pemikiran kritis siswa. Melalui analisis bibliometrik dan visualisasi konsep, penelitian ini mengidentifikasi tren dalam penggunaan media pembelajaran fisika, termasuk teknologi interaktif seperti simulasi dan augmented reality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dirancang dengan mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan dan etika dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep fisika dan relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpeu

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Navigation Physics : Journal of Physics Education is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, or program applications related to Physics Education in across settings. The journal is concerned with the ...