Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 8 No. 2 (2024): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MAHASISWA SEMESTER 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES

Daud, Maimunah Haji (Unknown)
Kaleka, Melkyanus Bili Umbu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan fisika materi sistem organ pada mata kuliah biologi umum dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture.  Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan one group pretest-postest design. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai November 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di program studi pendidikan fisika universitas flores, sedangkan sampel penelitian mahasiswa semester satu tahun akademik 2024/2025 yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data untuk hasil belajar menggunakan rumus statistik sederhana. Besarnya peningkatan atau gain score hasil belajar dianalisis dengan rumus Hake. Hasil penelitian  menunjukan penerapan model pembelajaran picture and picture mampu meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model picture and picture termasuk katergori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi sistem organ.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...